6 Jan 2011

MERAPI LAVA TOUR

2 Januari 2011. Waa, hari kedua di taun 2011 dan hari terakhirku buat liburan. Subuh, ayah bangunin aku sama mas tio buat jalan-jalan. Tapi seperti biasa, 2 jam kemudian kami baru bisa 100% hidup. Sambil sarapan aku bilang "yah, liat merapi yuk.. masak temen-temenku dah kesana aku belum." dan ayahku yang paling baik sedunia bilang "yaudah, bilang ibu sana. mau apa enggak?". Dengan sejuta rayuan, akhirnya ibu meng-oke-kan. Biar tambah seru, ayah ngajak om, tante, sama sepupuku.

Sebelum berangkat narsis dulu..


Ibu dan anak yang kompak
Sama-sama suka nampang

Berangkat dari rumah jam 8. Sampe taman wisata kaliurang jam 9. Tau nggak, ternyata obyek wisata kaliurang ini baru dibuka hari itu juga. Syukurlah..
Ini dia jepretanku ...

  
(dari kiri) sepupuku, tante, ibu, aku, sepupuku lagi
 pohon yg atas nggak punya daun

 ngeri yaa, sampe kayak gitu

idungnya sampe nggak ada

 air terjun yg biasa lebat jadi gundul
oya, jangan lama-lama disini yaa
ini kawasan rawan, batunya suka longsor



 sisa-sisa makhluk hidup

 ayah dan ibu
pak Suyatman dan bu IGN Dwi Suryaningsih

(dari kiri) mas tio, ibu, ayah, aku

 ibu sama aku (lagi)

 
angkat yoo, yo semangat yo...
pohon segede itu aja rubuh

 aku sama mas tio

 ibu ngasih makan monyet-monyet..
kasian ya mereka, tapi untung masih selamet.

 saatnya cheezst..

 tanpa rasa kasian, bentar doang ahh..

 ibu in action

 ayah

Jam 10, kita berniat untuk ke kinahrejo dan kaliadem dimana ada rumah dan makam alm. mbah maridjan. Tapi seperti isu yang beredar, ini macet bangeeeet. Untung deh yg bawa motor bisa lewat jalan tikus. Nah, kita?? Akhirnya kita nyari tempat yang nggak rame-rame banget, pinggiran kali gendol.

Pinggir kali gendol, tepatnya di desa bungan.Dekat dengan desa Bronggang ( entah kenapa aku selalu merinding denger kata itu, mungkin karna dikabarkan paling banyak korban disana ). Desa Bungan ini telah kosong sejak merapi berstatus awas, tinggal hewan saja yang masih tertinggal.

Masuk ke area ini, hawa menjadi panas. Sepatu jadi lembab. Kenapa? Tanahnya masih panas, bukan panas sih tapi anget.Padahal ini udah kurang lebih 2 bulan dari kejadian. Selain panas, ada juga bau yang tak sedap, entah bangkai makhluk hidup atau belerang yang masih menyengat.

Nah, ini foto-fotonya..

 banjir lahar dingin di kali gendol (kayaknya)

Ini kuburan yg udah hampir ketimbun sampai ke batu nisannya
Ati-ati yaa, jangan sampe injek.

 satu-satunya sisa bangunan yg masih ada

 batu temanten

ada bermacam-macam versi yang beredar.
1. batu ini tumpang tindih seperti pengantin (ML kali ya yg dimaksud)
2. pada saat kejadian, ditempat ini diselenggarakan pesta pernikahan dan banyak korban yang ada dibawahnya

 lautan pasir

 pasir di tepi kali gendol
liat, masih ada asapnya
kalo dipegang sekitar bersuhu 50-70 C

 
Nah, ini dia kali gendolnya.

Tapi aku nggak begitu percaya.
Masak kalinya malah yg cekung, harusnya kan yg paling penuh yaa..

Nah, itu oleh-oleh aku buat kamu dari merapi lava tour. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar